Senin, 16 Maret 2015

PAKET BROMO ADVENTURE by Sean Tour & Travel



Jangan katakan Anda pernah ke Jawa Timur bila belum menapakkan kaki di Gunung Api yang indah ini. Gunung Bromo di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memiliki keunikan dengan Pasir Laut seluas 5.250 hektar di ketinggian 2.392 m dpl. Anda dapat berkuda dan mendaki Gunung Bromo melalui tangga dan melihat Matahari Terbit (Sunrise). Lihatlah bagaimana pesona matahari yang menawan saat terbit dan terbenamnya akan menjadi pengalaman pribadi yang mendalam saat anda melihatnya secara langsung.
Gunung Bromo berasal dari kata Brahma (salah satu Dewa di agama Hindu). Bromo merupakan gunung api yang masih aktif dan terkenal sebagai Icon Wisata Jawa Timur. Gunung ini tidak sebesar gunung api lainnya di Indonesia tetapi memiliki pemandangan yang spektakuler dan dramatis. Keindahan yang luar biasa membuat wisatawan yang mengunjunginya akan berdecak kagum.
Dari puncak Gunung Penanjakan di ketinggian 2.770 m dpl, wisatawan dari seluruh dunia datang untuk melihat Sunrise Gunung Bromo. Pemandangannya sungguh menakjubkan dan yang akan anda dengar hanyalah suara jepretan kamera wisatawan saat menangkap momen yang tidak bisa di dapatkan di tempat lain. Saat sunrise sangat luar biasa dimana Anda akan melihat latar depan Gunung Semeru yang mengeluarkan asap dari kejauhan dan matahari bersinar terang naik ke langit.
Gunung Bromo dihuni oleh masyarakat Suku Tengger yang meyakini bahwa Gunung Bromo merupakan tempat dimana seorang Pangeran mengorbankan hidup untuk keluarganya. Masyarakat disini melakukan festival Yodnya Kasada atau Kasodo setahun sekali dengan mempersembahkan sayuran, ayam, dan uang yang dibuang kedalam kawah gunung berapi untuk dipersembahkan kepada Dewa.

Untuk lebih memudahkan Anda mengarungi Gunung Bromo, Sean Tour & Travel akan membedah keseluruhan lokasi yang ada di kawasan Gunung Bromo, berikut lokasi - lokasi yang Anda datangi selama berlangsungnya BROMO JOURNEY :
1. PENANJAKAN ( SUNRISE )
Lokasi pertama yang kita kunjungi adalah Puncak Gunung Penanjakan. Gunung Penanjakan adalah salah satu tempat View Point untuk melihat dan menikmati Matahari Terbit di Bromo (Bromo Sunrise) dengan ketinggian 2.770 m dpl. Rute untuk sampai ke Puncak Penanjakan ini dapat di tempuh melalui jalur :
1. Pasuruan melalui TOSARI dan PURWODADI
2. Malang melalui TUMPANG
3. Probolinggo melalui CEMARA LAWANG
Gunung Penanjakan masih bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN-BTS) Jawa Timur. Untuk dapat mencapai tempat ini pengunjung dapat menyewa Jeep, karena untuk mencapai Puncak Gunung Penanjakan jalannya cukup sempit dan jalur yang cukup ekstrim. Dengan melewati Lautan Pasir yang indah dan hamparan Kaldera yang menakjubkan.

 
 
 

2. KAWAH BROMO
Setelah menyaksikan indah Matahari Terbit dari Gunung Penanjakan, maka perjalanan kemudian dilanjutkan menuju ke Kawah Gunung Bromo. Inilah saatnya melihat langsung Kawah Gunung Bromo yang terkenal itu.
Ratusan jeep telah terparkir di kawasan yang sejauh mata memandang sepertinya hanyalah dipenuhi oleh Lautan Pasir dengan dinding terjal yang mengelilinginya. untuk mencapai kawah Gunung Bromo kita tidak bisa menggunakan mobil. Mobil harus diparkir di luar kawasan yang sudah diberi pagar berupa tiang dari beton. Untuk sampai kek bagian bawah kawah hanya ada dua pilihan, jalan kaki atau naik kuda, meski ada juga beberapa pengendara motor yang masuk dan memarkir motornya tidak jauh dari tangga menuju kawah.
Beberapa pemilik kuda dengan cepat menyambut kami dan menawarkan jasa untuk sampai di bawah tangga menuju kawah. Mereka adalah orang - orang Suku Tengger yang memang berdiam di sekitar Gunung Bromo. Suku Tengger adalah keturunan langsung dari kerajaan Majapahit. Nama Tengger konon adalah nama yang diambil dari Putri Roro Anteng dan Suaminya Joko Seger. Mereka berdua adalah bangsawan Kerajaan Majapahit yang memilih untuk menyepi di kawasan Gunung Bromo.
Di Segara Wedi atau lautan pasir itu ada sebuah Pura Hindu bernama Pura Luhur Poten. Pura ini adalah pura utama tempat warga Suku Tengger melakukan ritual keagamaan mereka termasuk upacara Yadnya Kasada yang bisa berlangsung selama sebulan penuh. Pura ini dibangun dengan bahan utama batu hitam yang banyak terdapat dari gunung berapi disekitarnya.
jalan menuju Kawah Gunung Bromo tidak masalah, mendaki menuju kawahnya barulah jadi masalah. Kira - kira seperempat perjalanan menuju ke tangga kawah ujian berat mulai menghadang. Jalanan menjadi sangat terjal dan betul - betul menguras tenaga. Ini diperparah dengan landasan yang berupa pasir, jelas semakin membuat langkah semakin berat.
Untuk menuju ke tepi Kawah Gunung Bromo ada tangga beton yang juga cukup terjal. Jumlahnya kurang lebih 250 anak tangga. Jadi setelah bersusah payah mendaki kita masih harus menaiki 250 anak tangga sebelum bisa tiba di tepian Kawah Gunung Bromo.
Semua perjuangan berat jalan mendaki dan menaiki anak tangga itu akan terbayar lunas ketika tiba di atas. Kapan lagi kita bisa menyaksikan kawah gunung langsung dari tepiannya. Kawah Gunung Bromo memang masih aktif, bau belerang tercium samar - samar ketika angin membawanya ke arah kita. Bukan hanya pemandangan kawah yang menyejukkan mata, tetapi pemandangan alam disekitarnya juga begitu menakjubkan.

 
 
 





3. PADANG SAVANAH
Setelah kita berjuang untuk mencapai Kawah Gunung Bromo kita akan ke sebuah tempat yang sejuk karena banyak rerumputan yang berada di sana. Tempat tersebut bernama Padang Savanah atau Bukit Teletubis.
Padang Savanah Bromo adalah sebuah hamparan padang rumput yang sangat luas yang berada di sisi selatan Gunung Bromo. Sepintas hamparan padang Savanah Bromo berupa bukit - bukit hijau nan indah yang menyerupai bukit Teletubis dalam film anak - anak.
Padang Savanah Bromo di kenal dengan Lembah Jemplang. Disana anda akan merasa begitu tenang, sejuk dan nyaman karena para pengunjung  bisa merasakan pesona keindahan padang rumput savanah yang begitu indah. Apabila anda mengambil Paket Wisata Bromo alangkah baiknya jika paket liburan bromo ini di kombinasika dengan mengunjungi padang savanah bromo, karena di tempat ini juga anda akan menemukan kesan lain tentang keunikan wisata bromo lainnya.
Menyaksikan Padang Savanah Bromo yang menghijau, akan membuat kita seolah lelah raga yang berada dalam tubuh kita menghilang. Sebuah bentuk Gunung Bromo bertautan pada lembah serta berdiri tegak Kaldera dan Lautan Pasir yang sangat luas. Kita disambut padang rumput savanah bromo yang dipenuhi dengan jenis bunga indah.

 
 
 

4. PASIR BERBISIK
Wisata Pasir Berbisik di Wisata Gunung Bromo adalan sebuah lautan pasir luas indah yang berada di sekitar Kaldera Bromo, pasir berbisik juga merupakan deretan salah satu tempat lokasi wisata Bromo yang bisa di kunjungi di Obyek Wisata Gunung Bromo.
Nama Pasir Berbisik berkaitan dengan sebuah film yang dibuat oleh seorang sutradara kondang asal Indonesia yang bernama Garin Nugroho, beliau adalah sutradara pertama yang menciptakan asal muasal dari Pasir berbisik, di tempat inilah beliau menjadikan sebuah lokasi shooting dari sebuah film yang judulnya Pasir Berbisik. Sejak saat itu lautan pasir yang terdapat di kawasan wisata bromo ini terkenal dengan sebutan Pasir Berbisik, karena di tempat ini ketika angin bertiup kencang, deru angin akan membawa butiran - butiran pasir bagaikan bisikan - bisikan yang menyerukan keindahan alam Bromo.

 
 
 

Sean Tour & Travel
Member of MMBC Tour & Travel
Member of BALQIS Group Homestay Bromo

Office                : Jln. Ir. Rais III/28 Sukun - Malang, East Java - Indonesia
Contact Person : +62-812-3210-0399 / +62-819-4577-7018 / +62-856-3646-381
Email                 : sean.tourntravel@gmail.com
Pin BB               : 54D156DA
Facebook          : m2.tourntravel@yahoo.com / Andytya Cristiwara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar